Masa Subur Pada Wanita

rahim-wanitaMasa subur  pada wanita perlu diperhitungkan untuk dapat menetapkan kapan melakukan hubungan seks bagi mereka yang ingin punya anak  serta menghindari hubungan seks bagi mereka yang tidak ingin punya anak. Pelepasan ovum bervariasi waktunya sesuai dengan faktor emosi wanita yang mempengaruhi reflex hipotalamus sehingga dapat mempengaruhi pengeluaran releasing factor FSH dan LH dan pengeluaran FSH dan LH serta akan mempengaruhi waktu ovulasi.

Untuk menetapkan masa subur pada wanita dapat dipergunakan perhitungan sebagai berikut :

  1. Perhitungan masa subur, mulai dengan hari pertama menstruasi ditambah 12  dan masa subur berakhir ditambah 19 dengan puncaknnya hari keempat belas. Contoh : menstruasi tanggal  7 Januari 1993. Perhitungan minggu suburnya adalah mulai dari tanggal 19 (7 + 12) sampai tanggal 26 (7 + 19) dengan puncaknya yaitu 21 Januari 1993 (7 +14).
  2. Memperhitungkan suhu basal, karena pengaruh estrogen dan progesterone yang dapat menaikkan suhu basal badan dengan deviasi sekitar 0,5 derajat celcius. Ovulasi menyebabkan suhu basal bersifat bifasik.
  3. Memperhatikan lendir cairan serviks yang bersifat : basis, jernihy dan transparan yang mudah ditembus spermatozoa, mempunyai kemampuan regang 15 sampai 20 cm (speinbarkeit).
  4. Tes cairan serviks saat ovulasi dapat membentuk susuna daun fakis.
  5. Mikrokuretage menjelang atau harin pertama menstruasi yang menunjukkan fase sekresi, berarti terjadi ovulasi sehingga wanita mempunyai minggu subur.

Dalam hidup berpasangan, suami harus memahami organ reproduksi istrinya secara baik. Hal ini bermanfaat untuk dapat mengambil peran yang aktif dalam rangka menumbuhkan saling pengertian dan terutama untuk dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk bercinta (senggama). Organ reproduksi wanita mempunyai siklus bulanan dan siklus ini berpengaruh terhadap gairah seksual istri. Bagi pengantin baru yang ingin segera mempunyai anak, maka pengathuan ini tidak boleh dianggap enteng.

Sebelum menentukan kapan masa subur pada wanita, perlu diketahui bagaimana siklus menstruasi wanita? Masa subur wanita adalah periode dimana “sel telur” wanita dapat dibuahi oleh sperma. Sel sperma mampu bertahan di dakam rahim selama 2 haru dan sel telur dapat bertahan 3 hari.

Siklus menstruasi pada wanita data dibagi menjadi 3(tiga) fase :

  1. Fase Follicular ( pra ovulasi) yaitu fase antara hari ke 1 haid sampai tejadinya ovulasi, jika tidak ada kehamilan ( pembuahan) maka wanita tersebut akan masuk fase Luteal (pasca ovulasi) oleh sebab itu masa menstruasi wanita adalah bisa sampai 14-16 hari.
  2. Fase ovulasi, yaitu fase pembuahan
  3. Fase Luteal (Fase ovulasi), fase luteal ini biasanya diasumsikan selama 14 hari dengan asumsi ini makan periode pre-ovulasi adalah lama siklus menstruasi dikurangi 14 hari.

=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Masa Subur and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>