Masa Subur Setelah Haid

Masa Subur Setelah Haid  – Masa subur setelah haid merupakan hal yang dapat membantu kita untuk dapat di ketahui dengan cara perhitungan yang sangat mudah untuk dapat anda lakukan sendiri, yang bertujuan untuk mendukung terjadinya proses kehamilan wanita . sedangkan menstruasi adalah suatu proses pelepasan lapisan pada dinding rahim wanita yang banyak mengandung endometrium atau lebih di kenal dengan pembuluh darah dan keluarnya melalui vagina. Dan lapisan tersebutlah yang sebenarnya terbentuk sebagai persiapan jika sel telur wanita sudah di buahi oleh sel sperma pria. Akan tetapi jika tidak di buahi, maka jaringan tersebut akan terlepas atau biasanya di kenal sebagai darah menstruasi.

Siklus menstruasi seorang wanita  yang teratur umumnya terjadi sekitar 28 hingga 30 hari dan untuk lama keluarnya darah menstruasi tersebut sekitar 3 hingga 7 hari yang terjadi setiap bulannya. Masa subur setelah haid adalah dengan adanya haid yang menandakan wanita sudah mengalami kematangan biologis. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan sel telur dan terjadinya ovulasi. Oleh karena itu, siklus haid yang teratur dapat dipakai untuk memperikirakan masa subur wanita.

Masa Subur Setelah Haid

Masa Subur Setelah Haid

Masa subur diperkirakan terjadi pada 14 hari sebelum haid yang akan datang. Bila wanita mengalami siklus haid teratur, yaitu 28 hari setiap periode, maka masa subur dapat dengan mudah diperkirkan. Masa subur terjadi pada 14 hari (28-14 hari ) terhitung dari hari pertama haid. Agar terjadi pembuahan, senggama dapat dilakukan pada hari ke-12 , ke-14 dan ke-16 setelah haid pertama.

Setelah haid, hormon wanita estrogen dan progesteron beraada dalam kadar yang rendah. Hal ini mengakibatkan otak mengeluarkan hormon untuk merangsang indung telur agar menghasilkan sel telur (ovum) matang. Beberapa sel telur (yang terbaik) akan bereaksi, membesar dan menghasilkan hormon wanita ini.

Masa produktif wanita tidak berlangsung seumur hidup. Umumnya pada usia lebih dari 45 tahun indung telur wanita tidak dapat lagi menghasilkan sel telur. Pada masa ini wanita dikatakan mengalami masa menopause. Pada masa menopause hampir dipastikan wanita tidak dapat lagi mengalami kehamilan. Hal ini disebabkan tidak adanya sel telur yang dapat dibuahi untuk mendatangkan kehamilan.

Wanita usia produktif pun sering ditemukan tidak mampu menghasilkan sel telur terkena berbagai penyebab. Adanya gangguan hormon organ indung telur akibat opearsi kista atau mioma dapat menyebabkan wanita tidak mampu menghasilkan sel telur. Demikian juga operasi yang menyebabkan diangkatnya ovarium atau terjadinya kerusakan ovarium akibat penyakit menjadi penyebab wanita tidak mampu menghasilkan sel telur.

Masa Subur Setelah Haid

Masa subur wanita setelah haid dapat dihitung dengan melakukan perhitungan minggu subur sebagai berikut :

Wanita Dengan Siklus Menstruasi Normal dan Teratur

cara menghitung masa subur setelah haid sangat mudah untuk diketahui dari siklus menstruasi wanita yang normal , yaitu diantara 28 sampai 3 hari.  Caranya hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke 1, dan masa suburnya yaitu  tepat di hari ke 12 sampai hari ke 16 dalam satu siklus menstruasi. Untuk contohnya kami akan menjelaskan bahwa seorang wanita awal haid pada tanggal 9 Februari, maka pada tanggal itu di tandai sebagai hari pertama (ke-1), sedangkan masa subur wanita tersebut jatuh pada hari ke-12 atau (lebih tepatnya tanggal 20 februari) sampai dengan hari ke-16 (jatuh di tanggal 24 februari).

Wanita Dari Siklus Menstruasi atau Haid Tidak Teratur

Yang di maksud dengan siklus menstruasi tidak teratur yaitu seorang wanita yang di tandai dengan awal menstruasi yang mengalami maju atau mundur sehingga tidak dapat di pastikan dengan jelas. Sehingga hal tersebutlah yang akan mempengaruhi tingkat kesuburan serta cara menghitung masa subur wanita setelah haid.

Adapun cara penghitungannya yakni dengan menghitung lamanya satu siklus menstruasi yang di hitung dimulai dari menstruasi hari pertama saat ini sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Catatlah perhitungan jumlah hari haid tersebut selama 6 bulan. Karena untuk menentukan hari pertama masa subur wanita, dengan menghitung jumlah siklus menstruasi di mulai dari yang terpendek dalam 6 kali haid di kurangi 18. Sedangkan untuk hari terakhir mengetahui masa subur wanita yaitu dengan jumlah hari terpanjang selama mencatat 6 siklus haid di kurangi 11.

Cara mudahnya untuk cara menghitung masa subur setelah haid yaitu dengan  Masa subur dapat diperhitungkan yaitu menstruasi hari pertama ditambah 12 yang merupakan hari pertama minggu subur dan akhir minggu subur adalah hari pertama menstruasi ditambah 19. Puncak minggu subur adalah hari pertama menstruasi di tambah 14. Sebagai contoh, seorang wanita menapat menstruasi tanggal 5 Maret. Maka perhitungan minggu suburnya adalah antara tanggal 17-24 Maret, sehingga harus menghindari hubungan seks untuk mencegah kehamilan.

Jadi menghitung masa subur setelah haid wanita yang mengalami siklus menstruasi normal atau teratur dengan wanita yang mempunyai siklus mestruasi tidak teratur sangatlah berbeda, namun cara perhitungannya bertujuan untuk mengetahui masa subur wanita tersebut.

This entry was posted in Masa Subur and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>