Masa Subur Setelah Melahirkan

Banyak pria yang bertanya kapan masa subur wanita kembali normal pasca melahirkan. Para pria atau suami haruslah mengerti dan memahaminya. Organ intim wanita yang baru melahirkan masih mengalami trauma, meskipun dalam kondisi yang sangat baik, organ intim wanita masih sensitif. Selain itu ketika wanita masih dalam masa menyusui mungkin terjadi vaginal atrophy (menipis dan mengeringnya jaringan vagina akibat kurangnya hormon estrogen dalam tubuh wanita).

Beberapa dokter berpendapat bahwa seorang wanita atau ibu dapat merasakan kembali hubungan seksual 6 bulan pasca melahirkan. Adapula pendapat lainnya dalam kurun 4 minggu wanita atau istri juga dapat melakukan hubungan intim, karena dalam waktu 4 minggu ketika cairan yang dikeluarkan dari bibir vagina setelah melahirkan sudah berhenti dapat melakukan hubungan seksual kembali.

Ada beberapa alasan mengapa perlu waktu jeda untuk melakukan hubungan seksual kembali pasca melahirkan :

1. Untuk memberikan peluang pada jaringan genital wanita untuk pulih kembali seperti sedia kala, terutama apabila mengalami proses kelahiran normal atau caesar yang mengalami episiotomi atau guntingan kecil untuk memperlebar jalan lahir bayi agar bayi lebih mudah keluar.

2. Rasa trauma yang masih melekat pasca melahirkan. Meskipun kondisi fisik dalam keadaan normal dan baik.

3. Mencegah timbulnya infeksi

Pasca melahirka selama 6 minggu atau 40 hari merupakan masa nifas yang sangat penting dan butuh perhatian secara khusus. Masa nifas ini ditujukan untuk membersihkan rahim sama halnya seperti masa menstruasi. Darah nifas mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sels-el mati dan sisa sel-sel endometrium.

Oleh karenanya, pemeriksaan kembali pasca melahirkan umumnya dilakukan setelah 6 minggu. 6 minggu yakni waktu dimana rahim kembali ke bentuk ukuran sebelum hamil. pengecilan rahim adalah perubahan secara fisik terutama pasca melahirkan yang terakhir. kebanyakan wanita pasca melahirkan yang belum lama usai, keingina atau gairah seksualnya cenderung menurun bahkan tidak ada sama sekali.

pada sebuah penelitian di Australia menyebutkan bahwa 6 minggu adalah waktu rata-rata bagi para wanita pasca melahirkan untuk memulai kembali hubungan seksual. akan tetapi penelitian lainnya menyebutkan sebagian kecil wanita diperkirakan ada sebanyak 20 % wanita yang baru kali pertama mengalami proses kelahiran dalam kurun waktu 6 bulah sudah dapat merasakan rasa nyaman secara fisik ketika memulai kembali hubungan seksual bahkan dengan rata-rata waktu sekitar 3 bulan lebih cepat.

Meskipun kenyataannya wanita atau istri diperbolehkan kembali melakukan hubungan seksual setelah minggu ke-6, adakalanya para wanita atau istri masih sering mengeluhkan rasa sakit ketika kembali melakukan hubungan seksual meski proses melahirkan telah usai beberapa bulan lalu. Rasa sakit ketika berhubungan disebut Dyspareunia atau rasa sakit saat berhubungan intim.

Rasa sakit saat berhubungan intim ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, seperti :

1. Pasca melahirkan akan terbentuk jaringan baru karena proses penyembuhan luka akibat guntingan untuk jalan lahir masih dalam keadaan yang sangat sensitif sehingga organ reproduksi wanita belum kembali seperti semula.

2. Adanya infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri, virus dan jamur.

3. Adanya kelainan atau gangguan kesehatan lainnya yang berhubungan dengan kandungan seperti mium, kista atau tumor.

4. Sejak jaman dahulu, orang tua selau mengajarkan untuk mrgkonsumsi jamu-jamu pasca melahirkan dari bahan-bahan herbal yang dipercaya dapat membantu memulihkan kondisi tubuh pasca melahirkan dan memberi energi kepada sang ibu. Namun jamu-jamu herbal mengandung zat-zat aktif yang memiliki sifat astingentes yang mengakibatkan terhambatnya produksi cairan pelumas pada vagina saat seorang wanita terangsang secara seksual.

5. Faktor psikologis yang ikut berperan serta seperti rasa kecemasan, rasa khawatir dll, yang meliputi :

- Kesiapan mental yang kurang siap saat akan melakukan kembali aktivitas seksual.
- Adanya rasa trauma di masa lalu.
- Kepribadian diri yang kurang fleksibel.
- Interaksi komunikasi yang kurang baik antara suami-istri, sehingga terkadang istri atau wanita merasa enggan untuk melakukan hubungan seksual.
- Kurang pemanasan (foreplay) saat diawal mulainya hubungan seksual. Dan banyak faktor penyebab lainnya.

Jadi masa subur wanita akan kembali pasca masa nifas yang berlangsung selama 40 hari berakhir, namun sebaiknya para pria atau suami memberi waktu jeda kepada sang istri untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga masa nifas dan pemulihan kondisi pasca melahirkan kembali seperti semula.


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Masa Subur and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>